Kamis, 09 Februari 2012

Study Budaya ke Bali

Hari itu Sabtu, 28 Januari 2012 kami rombongan SMP N 1 Wonosari bersiap untuk berangkat ke Bali. Aku jauh hari sebelumya sudah menyiapkan berbagai barang yang perlu untuk di bawa. Tepat pukul setengah 8 pagi, kami berkumpul untuk absen dan di beri penjelasan. Tepat pukul setengah 9 kami sudah masuk ke dalam bus yang sudah dibagi oleh pembimbing. Kebetulan aku berada di bus 4, yang menurutku bus yang asik.
            Kira-kira pukul stengah 10 bus melaju meninggalkan kota Wonosari tercinta untuk berangkat ke Bali. Oh ya, aku berkelompok dengan : Aldi, Amalia, Hestu, Weda, dan Nida. Berangkatdari Wonosari menuju ke Pelabuhan Ketapang membutuhkan waktu yang tidak singkat, karena kami harus melewati Jawa Tengah dan Jawa Timur. Kira-kira pukul 2 dini hari kami sampai di Pelabuhan Ketapang dan di lnjutkan penyebrangan ke Pulau Bali. Baru kali ini aku merasakan sensasi berada di atas kapal laut. Karena sudah malam maka kami tidak bisa menikmati indahnya laut.
            Sesampainya kami di Bali, kami langsung berangkat menuju Tanah Lot untuk tujuan wisata pertama dan juga tentunya untuk mandi. Sampai di Tanah Lot masih dalam suasana pagi. Kami di sana mandi dahulu, makan pagi dan menuju ke pantai. Setelah sarapan kami menuju pantai, yang jaraknya hanya dekat dari tempat kami makan.
            Di Tanah Lot kami melihat Pura yang ada di tengah pantai, lapangan Golf, tempat pagelaran Seni, dll. Seusai di Tanah Lot kami meanjutkan ke Joger dengan di temani oleh Bli Wayan sebagai Tour Leader kami. JOGER adalah tempat dan lebih tepatnya pusat T-shirt khas Bali. Jika ke bali tidak ke Joger, rasanya bagai sayur tanpa garam.
            Di Joger kami memilih baju yang sesuai. Harga baju, tas, sendal, dll karya Joger memang harga yang di tawarkan agak merogoh kocek yang dalam. Setelah menemukan pilihan yang tepat kami membayar di kasir. Dan ternyata, jreng..jreng.. antrian yang sangat panjang dan berdesakan. Kami pun memutar otak agar belanjaan kami cepat terbayarkan dan yang pasti cepat keluar dari area itu. Kami pun menggunakkan sistem titip menitip kepada teman. Dan akhirnya setelah sekian lama kami keluar dari area yang berjubel banyak orang itu.
            Perjalanan kami lanjutkan ke Bedugul, yang berupa danau. Setelah itu ke Khrisna (pusat oleh oleh terbesar dan termurah di Pulau Bali). Sampai kira kira pukul 8 malam. Lalu kami ke Hotel untuk beristirahat mengumpulkan tenaga untuk esok hari.
            Keesokan harinya kami pergi ke Monumen Perjuangan Rakyat Bali, Sangeh, Art Center, Pantai Kuta, Pantai Sanur, Pantai Tanjung Benoa, GWK untuk melihat pagelaran tari Kecak yang sangat mengagumkan.
            Hari ke 3 kami rencananya ke Pasar Seni Sukowati, namun karena hari itu adalah Hari Raya Galungan dan pasarnya tutup, kami di alihkan ke Kampung Kertalangu yang juga pusat oleh oleh khas Bali. Setelah itu kami melanjutkan perjalanan untuk kembali ke Pulau Jawa tercinta. Kami sampai di Pelabuhan kira-kira pukul  1 waktu Bali. Dan kami dan sampai di Jawa kira-kira pukul 2 waktu Jawa. Dan kami melanjutkan perjalanan menuju Wonosari kota tercinta di gunungkidul. Kami sampai di Wonosari pukul 06.00 WIB. Dan kami menghubungi orang tua untuk menjemput. Dan akhirnya sampailah kami di rumah deng selamat tanpa ada kerurangan apapun.